Mengenal Beberapa Perbedaan Laptop dan Notebook

Advertisement
advertisement
Semakin hari zaman semakin berkembang dengan sangat pesat, teknologi-teknologi baru semakin bermunculan. Apalagi negara maju tak pernah mau berhenti berkreasi. Yang sangat nampak ialah komputer yang dulu memiliki ukuran besar dan terdiri dari beberapa komponen berat, namun sekarang disulap menjadi lebih sederhana yang dinamakan laptop. Bahkan laptop tak hanya sederhana, tetapi juga mudah dibawa kemana-mana.

Ternyata, laptop bukanlah bentuk akhir dari modifikasi komputer PC, namun masih ada Notebook yang merupakan inovasi terbaru dari perkembangan teknologi ini. Meskipun banyak sekali perubahan dan dibuat sesederhana mungkin, namun justru kualitasnya semakin baik. Banyak yang berpikir bahwa laptop dan notebook adalah dua benda yang tidak memiliki perbedaan hanya berbeda penyebutan, namun ternyata kedua nama ini memiliki beberapa perbedaan yang begitu nampak. Berikut beberapa perbedaan laptop dan notebook yang harus kita ketahui.

perbedaan laptop dan notebook dan netbook

Perbedaan Laptop dan Notebook Berdasarkan Ukuran dan Daya Tahan Baterai

Salah satu perbedaan yang sangat nampak dari kedua modifikasi komputer PC ini ialah dari segi ukuran layar. Untuk laptop, memiliki ukuran layar lebih dari 18 inch sedangkan Notebook 13.1 hingga 18 inch. Laptop memiliki massa lebih berat jika dibandingkan dengan Notebook. Untuk daya tahan baterai, laptop jauh lebih boros jika dibandingkan dengan notebook, sehingga jika pergi ke suatu tempat sangat membutuhkan aliran listrik karena baterai yang cepat habis. Sementara notebook lebih hemat sehingga lebih santai jika sedang bepergian. Perbedaan ukuran dan daya tahan baterai memang mudah untuk diketahui tanpa memiliki pengetahuan yang cukup tinggi di bidang ini.

Perbedaan Laptop dan Notebook Berdasarkan Spesifikasi

Bagian terpenting yang harus diperhatikan dari komputer jinjing ialah pada bagian spesifikasi. Saat ini, untuk komputer jinjing sendiri mengalami perkembangan dari sisi spesifikasi terutama ukuran layar yang lebih ditujukan pada fleksibilitas dan mobilitas. Selanjutnya muncul netbook yang merupakan perkembangan dari notebook.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Notebook

Istilah Notebook dapat diartikan sebagai buku catatan, yang berarti perangkat tersebut sangat mudah untuk digunakan sebagaimana Anda menulis sebuah buku catatan. Dalam hal ukuran, notebook memiliki ukuran yang ralatif lebih kecil dibandingkan dengan laptop. Karena ukurannya yang lebih kecil itulah notebook lebih nyaman dan mudah untuk dibawa menjadi keunggulan notebook. notebook memiliki kelebihan lainnya, yaitu daya tahan baterainya yang lebih awet dan ringan. Kekurangan dari notebook ialah terletak pada keterbatasan fitur yang dapat disematkan di dalamnya. Selain itu, notebook tidak memiliki tempat untuk memutar CD atau DVD sehingga harus perlu perangkat tambahan yang disebut DVD eksternal.

Bisa dikatakan Notebook adalah kelanjutan perkembangan dari laptop, notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki Hardisk yang besar, processor yang kuat dan memiliki DVD-ROM. Hanya saja, ada juga beberapa notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang.

Perbedaan Laptop dan Netbook

Netbook

Netbook memiliki ukuran yang terbilang kecil, yakni 6-13 inci, tentu tidak bisa memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi, biasanya hanya dibekali processor kelas menengah ke bawah dan tidak memiliki RAM lebih dari 2 GB, serta dengan Grafis layar yang standar. Yang menjadi ciri khas dari netbook adalah ketidakhadirannya media DVD-ROM di dalam netbook ini.

Kesimpulan Perbedaan Laptop dan Notebook

Saat ini, sangat sulit untuk membedakan antara notebook dan laptop, karena menurut saya sendiri, notebook adalah reinkarnasi dari laptop, dengan model dan komponen yang tidak berbeda jauh. Sedangkan untuk netbook, tentu masih dapat dibedakan dengan kecilnya ukuran layar dan tidak memiliki DVD-ROM di dalamnya.
Advertisement
advertisement
Mengenal Beberapa Perbedaan Laptop dan Notebook | Unknown | 5